Chat with us, powered by LiveChat
pokerace99

Menlu Retno Ingatkan Anggota OKI: Isu Palestina Belum Selesai

Menlu Retno Ingatkan Anggota OKI: Isu Palestina Belum Selesai

Menlu Retno Ingatkan Anggota OKI: Isu Palestina Belum Selesai – Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi memperingatkan beberapa negara anggota Organisasi Kerja sama Islam (OKI), berkaitan prinsip mereka pada Palestina.

“Saya ingin memperingatkan kembali anggota OKI tentang pekerjaan kita yang belumlah tuntas, yakni rumor Palestina, yang situasinya makin lebih buruk,” tegas Retno dalam satu pengakuan pada Jumat, 1 Maret 2019.

Dalam Pertemuan Tingkat Menteri ke-46 OKI itu, Menlu Retno menjelaskan jika suport riil buat Palestina ialah perihal final yang perlu ditempuh.

“Hanya satu pilihan buat OKI ialah untuk menguatkan solidaritas serta suport konkret buat Palestina,” tegas Menlu Retno.

Retno pun mengemukakan jika status Indonesia menjadi anggota tidak masih Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) selalu memberi suport penuh serta konkret buat perjuangan rakyat Palestina.

Bukan sekedar suport diplomatik lewat PBB, Indonesia pun memberi pertolongan materil, terutamanya dalam kerangka finansial serta beberapa sarana yang mendukung kehidupan rakyat Palestina.

Pasca-pertemuan OKI, Menlu RI akan berkunjung ke Ibu Kota Yordania, Amman untuk mengemukakan pertolongan keuangan Indonesia pada tubuh PBB untuk pengungsi Palestina, yaitu United Nations Relief and Works Agency for Palestine (UNWRA).

Baca jugaMerapi Sudah 7 Kali Luncurkan Awan Panas pada Sabtu Pagi

Tidak hanya pertolongan finansial, Indonesia pun memberi pertolongan desalinasi air untuk Gaza serta buka pekerjaan penambahan kemampuan buat beberapa pengungsi wanita Palestina di Yordania.

Indonesia Kemukakan Perancangan Resolusi Berkaitan Beberapa Rumor

Dalam KTM ke-46 OKI itu, Indonesia akan ajukan tiga perancangan resolusi berkaitan beberapa rumor. Perancangan resolusi yang disebut terkait dengan pembentukan OIC Kontak Grup for Peace and Dialogue; Islamic Office for the Boycott of Israel; serta berkaitan Pakta Global tentang Migrasi.

Diluar itu, Indonesia akan kemukakan perancangan resolusi tahunan tentang pertemuan pertama Tubuh Pengawas Obat OKI yang sudah diadakan di Jakarta pada bulan November 2018 dan peranan serta pertolongan Indonesia dalam krisis kemanusiaan di Rakhine State, Myanmar.

KTM OKI sendiri akan mengesahkan sekurang-kurangnya 130 perancangan resolusi dalam pertemuan itu.

Pertemuan itu terselenggara di Hotel Emirates Palace, Abu Dhabi pada 1-2 Maret 2019 dengan mengangkat topik “Fifty Years of Islamic Cooperation: Roadmap for Prosperity and Development”. Pada pertemuan ini, keketuaan KTM berubah dari Bangladesh ke PEA.

Retno menyarankan supaya OKI dapat jadi contoh beberapa negara dalam dunia dalam membuat perdamaian serta menahan perseteruan.

“Anggota OKI mesti memberi peran serta jadi sisi dari jalan keluar atas persoalan global, termasuk juga dengan menahan perseteruan, memprioritaskan dialog serta perundingan, serta dengan berkelanjutan menghargai prinsip-prinsip piagam PBB,” kata Retno.

Sikap aktif OKI dalam perdamaian begitu diperlukan, mengingat dunia tengah melawan perseteruan serta perang yang selalu berjalan di beberapa negara. Selain itu, beberapa pihak yang bersengketa sering malas mengakhiri permasalahan lewat dialog serta perundingan.

Menlu RI pun memberi contoh berkaitan keadaan pengungsi Rakhine yang perlu ditemui oleh negara di lokasi Asia Tenggara. Menlu RI mengemukakan jika semenjak awal Indonesia serta ASEAN sudah berperan untuk menolong keadaan di Rakhine, memprioritaskan permasalahan kemanusiaan, menolong usaha repatriasi pengungsi dengan suka-rela, aman serta terhormat.

“Progres mesti diraih di Rakhine State, Myanmar mesti kerja keras untuk memberikan jika progres bisa berlangsung, serta kita menginginkan OKI bisa memberi dukungan penuh usaha ASEAN,” kata Retno.

Dalam penyelesaian krisis Rakhine itu, menurut Menlu RI terpenting untuk menangani defisit keyakinan, baik pada komune di Rakhine State ataupun pada Myanmar serta komune internasional.

Related Posts