Chat with us, powered by LiveChat
pokerace99

Polri Membentuk Tim Khusus Selidiki Jatuhnya Pesawat Lion Air

Polri Membentuk Tim Khusus Selidiki Jatuhnya Pesawat Lion Air

Polri Membentuk Tim Khusus Selidiki Jatuhnya Pesawat Lion Air – Polri membuat team spesial (timsus) untuk menyelidik masalah kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Investigasi yang dikerjakan timsus itu lebih konsentrasi pada segi non-teknis.

“Bareskrim Polri sudah membuat timsus untuk lakukan penyidikan yang akan konsentrasi pada non-teknis penerbangan,” tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo lewat pesan singkat, Jakarta, Kamis (1/11/2018).

Sesaat investigasi berkaitan tehnis penerbangan masih dikerjakan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Baca juga : Nilai Santunan untuk Ahli Waris Korban Pesawat Lion Air Jatuh

Penyidikan yang dikerjakan kepolisian diawali semenjak pesawat Lion Air itu terbang dari Denpasar-Jakarta sampai alami kecelakaan waktu perjalanan Jakarta-Pangkalpinang.

Karena didapat info jika pesawat Lion Air dengan kode register PK-LPQ itu sudah sempat memiliki masalah waktu terbang dari Denpasar.

“Team telah kerja untuk lakukan inverstigasi rekam medik pilot, profil serta rekam medik teknisi lapangan serta latar belakang beberapa pihak,” kata Dedi.

Bukan itu saja, penyidikan ikut dikerjakan berkaitan peluang terdapatnya sabotase dari grup spesifik. “Ikut mengusut adakah pendapat seumpama peluang sabotase dari grup teror,” kata Dedi menuturkan.

Baca Juga : Pesawat Lion Air JT 610 Jatuh, Ini 8 Faktanya

Kotak Hitam Diketemukan
Team SAR kombinasi sudah temukan black box atau kotak hitam pesawat Lion Air yang jatuh di perairan Tanjung Karawang. Kotak hitam itu berisi flight data recorder yang bisa menguak pemicu jatuhnya pesawat rute Jakarta-Pangkalpinang pada Senin 29 Oktober itu.

Sekarang ini, kotak berwarna oranye itu telah ada di Kapal Baruna Jaya punya BPPT. Black box Lion Air dengan nomer penerbangan JT 610 itu akan dibawa ke posko di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kotak Hitam itu diketemukan oleh penyelam dari TNI AL Sertu Hendra. “Kami memperoleh black box warna oranye. Kondisinya utuh, lalu ada alat-alat dikit di lumpur,” tutur Hendra, Kamis (1/11/2018).

Kotak hitam Lion Air itu dimasukan ke container box berwarna biru.

Berita Lainnya

Related Posts