Chat with us, powered by LiveChat
pokerace99

Jokowi sebut bantuan asing sudah mulai masuk untuk gempa Sulteng

Jokowi sebut bantuan asing sudah mulai masuk untuk gempa Sulteng

Jokowi sebut bantuan asing sudah mulai masuk untuk gempa Sulteng  – Presiden Joko Widodo menjelaskan, pertolongan asing untuk perlakuan efek musibah gempa bumi serta tsunami di Sulawesi Tengah telah mulai masuk.

“Pertolongan telah mulai masuk, pesawat-pesawat pertolongan masuk, logistik masuk,” kata Presiden Jokowi pada wartawan waktu mengevaluasi tempat musibah di Kelurahan Petobo Kecamatan Palu Selatan Kota Palu, dikutip Pada, Rabu (3/10).

Berkaitan pertolongan asing, Kepala Negara bercerita, Raja Salman dari Arab Saudi serta Perdana Menteri Australia telah menghubunginya. Termasuk juga Presiden AS Donald Trump. Menurut Presiden Jokowi, mereka negara negara teman dekat memberi komitmennya menjadi teman dekat yang baik untuk tingkatan penelusuran ataupun tingkatan rekonstruksi.

Baca juga : Manchester United Gagal Menang di Old Trafford

“Semalam Presiden Donald Trump juga telephone,” tuturnya.

Untuk didapati, 18 Negara asing mengatakan kesediaannya menolong Indonesia, pascagempa serta tsunami di Palu serta Donggala, di Sulteng. Akan tetapi, pemerintah batasi macam pertolongan yang akan dikasihkan belasan negara teman dekat itu.

“Negara teman dekat bersedia memberi sumbangan, ada 18 negara teman dekat. Tempo hari sore, kita kerjakan rapat dengan beberapa Dubes. Ada yang langsung menjawab akan menolong ini serta ini,” kata Menko Polhukam Wiranto, pada wartawan di Hotel Platinum Balikpapan, selesai rapat pengaturan perlakuan musibah Sulteng, Selasa (2/10) malam.

Akan tetapi menurut Wiranto, pemerintah batasi pertolongan yang dibutuhkan dari 18 negara itu. “Tetapi kami beri patokan, yang kita perlukan utama angkutan hawa, tenda, water treatment penjernihan air buat penduduk, genset,” tutur Wiranto.

Bantuan-bantuan tersebut, telah mulai banyak yang datang. “Salah satunya, telah masuk keinginan kita. Angkutan hawa. Pertama Singapura, malam hari ini telah tiba. Lalu Malaysia. Korea Selatan, pesawat terbang.

“Masih tetap ada lagi, Amerika Serikat, akan membantu. Tetapi belumlah pasti berapakah banyaknya. Water treatment dari Jepang, Ceko. Bukan sekedar dari beberapa negara asia, tetapi dari Arab saudi juga.

Berita Lainnya

Related Posts