Chat with us, powered by LiveChat
pokerace99

Nokia Sebut Indonesia Masih Belum Siap Adopsi 5G

Nokia Sebut Indonesia Masih Belum Siap Adopsi 5G

Nokia Sebut Indonesia Masih Belum Siap Adopsi 5G – Aplikasi jaringan 5G telah ada di muka mata di Indonesia bersama-sama dengan roadmap industri Indonesia 4.0. Eksperimen tehnologi 5G juga sudah sempat diselenggarakan oleh operator seluler bertepatan dengan acara pesta berolahraga Asian Games 2018 kemarin.

Walau demikian President Director Robert Cattanach mengatakan dari sisi infrastruktur ataupun ekosistem, Indonesia belumlah siap untuk mengaplikasikan tehnologi generasi ke lima ini.

Cattanach menyebutkan Indonesia sebenarnya mesti berjalan cepat untuk mengaplikasikan tehnologi 5G supaya tidak ketinggalan dengan negara lainnya. Ia menyampaikan aplikasi 5G dalam industri dapat buka kesempatan buat perekonomian. Jaringan 5G dapat dipakai untuk pemakaian kendaraan otonom, ataupun robotic manufacturing.

Baca juga : 2 Tempat dan Bangunan yang di Bangun dalam Semalam

Menurut dia keadaan geografis di Indonesia jadi rintangan paling besar dalam aplikasi infrastruktur 5G. Luasnya lokasi Indonesia menyebabkan tingginya cost untuk pembangunan infrastruktur 5G.

Walau bagaimanapun, Indonesia mempunyai kelebihan dari jumlahnya penduduk yang punya potensi jadi customer dalam pemakaian 5G.

“Luas Indonesia, cukuplah susah untuk menempatkan tehnologi. Cukuplah mahal untuk menempatkan tehnologi. Indonesia miliki kemampuan volume disini. Jumlahnya penduduk Indonesia banyak sekali,” kata Cattanach.

Ia menyebutkan Indonesia mesti lakukan refarming (pengaturan lagi pita frekwensi radio) 3G ke 4G supaya lebih efisien pemakaian spektrum yang dipakai untuk jaringan 5G.

Cattanach menyampaikan Indonesia jadi salah satunya pasar yang diutamakan oleh Nokia. Perusahaan asal Finlandia ini mendatangkan jaringan 5G berbasiskan kecerdasan buatan (AI) yang mempunyai potensi kognitif yang didistribusikan ke base transciever station (BTS). AI machine learning ini menghimpun pengetahuan dari tiap-tiap momen di jaringan, memetakan kualitas dengan pintar.

Feature baru ini sangat mungkin jaringan dengan otonom pelajari ketetapan optimalisasi data live pada taraf waktu yang melewati potensi manusia. AI ini dapat tingkatkan pengalaman pelanggan.

Berita Lainnya

Related Posts